Sabtu, 27 September 2014

Tugas pertemuan 3 Data Warehouse

PT. Asuransi Takaful Umum merupakan perusahaan jasa yang bergerak dalam bidang asuransi syariah yang saat ini sedang banyak diminati oleh masyarakat untuk mempercayakan kendaraan mereka ke dalam produk pertanggungan yang dikeluarkan oleh PT. Asuransi Takaful Umum. Berdasarkan data dari PT. Asuransi Takaful Umum, total premi yang berhasil dihimpun dari asurani kendaraan semakin meningkat setiap tahunnya, pada tahun 2001 mencapai Rp.2,3 triliun, tahun 2002 Rp.2,8 triliun, tahun 2003 Rp. 3,2 triliun, dan tahun 2004 mencapai Rp.4 triliun. Seiring dengan meningkatnya jumlah peserta asuransi maka semakin banyak pula jumlah premi dari peserta asuransi, maupun jumlah peserta yang mengajukan klaim kepada PT. Asuransi Takaful Umum. Dengan demikian semakin banyak pula data yang masuk ke dalam perusahaan, data-data tersebut tentunya perlu disimpan, diolah, dan dianalisis untuk menghasilkan suatu informasi yang berguna bagi perusahaan, dan dilaporkan kepada manajer untuk mengetahui keadaan perusahaan pada periode waktu tertentu. Sementara itu, untuk membuat laporan tersebut, dibutuhkan waktu lebih untuk mengumpulkan informasi dan mengolah data yang tersimpan dalam database operasional di General Takaful System. Karena dianggap perlu untuk melakukan pengelolaan data yang berjumlah besar untuk dapat menghasilkan suatu informasi secara cepat, maka dibuatlah suatu perancangan data warehouse yang dapat memudahkan dalam melakukan pengolahan data-data, menganalisis, dan melaporkan hasil analisis data. Metode yang digunakan dalam merancang data warehouse ini adalah Nine Step Design Methodology yang terdiri dari sembilan langkah yaitu memilih proses, menentukan grain/sumber dari proses bisnis, mengidentifikasi dan penyesuaian dimensi, memilih fakta, menyimpan perhitungan awal dalam tabel fakta, melihat kembali tabel dimensi, memilih durasi database, menelusuri perubahan dari dimensi, dan yang terakhir adalah memutuskan prioritas query dan tipe query. Dari penelitian ini menghasilkan sebuah data warehouse untuk PT. Asuransi Takaful Umum, serta jumlah kapasitas media penyimpanan yang dibutuhkan untuk data histori.

Spesifikasi Perangkat Lunak
Software yang digunakan :
Sistem operasi menggunakan Windows 7 Ultimate
Microsoft SQL Server 2008 R2 :
Import dan Export Data (32 bit) untuk  melakukan importing data source ke data warehouse
SQL Server Management Studio untuk  membangun data data warehouse
SQL Server Business Intelligent Development Studio untuk melakukan proses OLAP
Report Builder 3.0 untuk reporting





Tahap awal adalah menngumpulkan data-data yang berhubungan dengan peserta asuransi yang bersumber dari berbagai database seperti data jumlah premi dari peserta asuransi, maupun jumlah peserta yang mengajukan klaim dllnya.
Tahap selanjutnya adalah melakukan ekstrasi terhadap data-data tersebut sesuai rencana kebutuhan pembuatan data warehouse setelah itu data ditransformasi. Pada proses transformasi dilakukan penyeleksian data yang tidak konsisten, memperbaiki penamaan pada field, atribut dan lain-lainnya.
Tahap selanjutnya adalah data loading ke gudang data yang sudah dibangun dengan menggunakan script yang ada di SQL. Sehingga terbentuklah sebuah data warehouse yang siap digunakan untuk menghasilkan suatu informasi yang berguna bagi perusahaan, dan dilaporkan kepada manajer untuk mengetahui keadaan perusahaan pada periode waktu tertentu.

Sumber : http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/1766

Tidak ada komentar:

Posting Komentar